Gejala Ginjal Bocor

Gejala Ginjal Bocor

Gejala Ginjal Bocor Selamat datang dan terima kasih telah mengunjungi website kami www.obatginjalbocor.azkacollection.net, yang merupakan website resmi Azka Herbal, yang dimana pada kali ini akan memberikan informasi seputar kesehatan, terutama seputar ginjal bocor dan kesehatan ginjal. Pada kesempatankali ini kami akan memberikan informasi mengenai beberapa Gejala Ginjal Bocor. Mari simak terus artikel ini sampai tuntas.

Gejala Ginjal Bocor

Ginjal bocor merupakan salah satu gangguan kesehatan ginjal atau salah satu penyakit ginjal yang mengganggu fungsi dan keseimbangan ginjal. Selain itu, ginjal bocor juga salah satu penyakit ginjal yang membuat kerusakan pada sistem penyaringan ginjal. Kondisi ginjal bocor ini menyebabkan tubuh manusia kehilangan terlalu banyak protien yang di buang melalui urine.

Seseorang dengan ginjal yang sehat, organ ginjal dapat mempertahankan dan menyimpan protein di dalam tubuh. Sedangkan pada orang dengan ginjal yang bermasalah (penderita ginjal bocor), organ ginjal tidak dapat mempertahankan dan menyimpan protein dalam tubuh, sehingga ginjal membuang protein pada saat buang air kecil.

Di dalam dunia medis, ginjal bocor disebut juga dengan sindrom neforik. Dan sebenarnya, di dalam dunia medis tidak ada istilah ginjal bocor. Hal ini karena istilah ginjal bocor merupakan bahasa awam agar memudahkan dokter menggambarkan kondisi pada pasien yang didasari pada kenyataan bahwa terjadi atau adanya kerusakan pada sistem penyaringan ginjal.

Ginjal dapat membersihkan atau menyaring darah melalui penyaring yang bernama nefron. Organ ginjal sendiri mengandung 1 juta saringan untuk menyaring atau membersihkan darah beracun. Sindrom nefrotik (ginjal bocor) ini umumnya tidak menimbulkan rasa sakit, namun volume air di dalam tubuh yang berlebihan dapat menyebabkan stres dan rasa tidak nyaman.

Penyakit ginjal bocor atau sindrom nefrotik ini termasuk salah satu jenis penyakit yang jarang terjadi. Akan tetapi, meskipun jarang terjadi, namun ginjal bocor (sindrom nefrotik) ini dapat terjadi pada siapa saja, tak terkecuali anak-anak. Penyakit sindrom nefrotik (ginjal bocor) ini lebih sering terjadi pada anak-anak. Sindrom nefrotik pada anak dapat disebabkan oleh penyakit minimal Change Disease (MCD).

Penyakit MCD tersebut merupakan salah satu jenis penyakit  yang di tandai dengan adanya kerusakan pada pembuluh darah kecil di dalam nefron. Pada umumnya urine tidak mengandung protein. Glomeruli atau sekelompok pembuluh darah dalam ginjal akan menyaring darah dan memisahkan zat-zat buangan lain yang harus di buang dari tubuh.

Tubuh seseorang akan kehilangan fungsi penyaringan tersebut apabila terjadi kerusakan (kebocoran) pada glomeruli. Dengan begitu, sehingga protein-protein yang seharusnya tersaring menjadi ikut keluar bersama urine. Kondisi kerusakan tersebutlah yang menjadi salah satu penyebab utama terjadinya sindrom nefrotik (ginjal bocor).

Terdapat beberapa kondisi atau gangguan kesehatan yang dapat menyebabkan kerusakan tersebut, seperti glomerulosklerosis segmental atau fokal (terbentuk jaringan parut pada glomeruli), perubahan minimal pada glomeruli, nefropati membranosa/glomerulonefritis membranosa, nefropati diabetes (komplikasi ginjal akibat diabetes), anemia bulan sabit, lupus, HIV, hepatitis, kanker, dan lain sebagainya.

Lantas apa saja gejala sindrom nefrotik (ginjal bocor) ?, Gejala awal ginjal bocor ialah terjadi pembengkakan pada daera sekitar mata, pergelangan kaki, kulit dan perut. Sedangkan gejala utama dari ginjal bocor ini ialah keluar protein melalui urine, kekurangan kadar albumin, tubuh menjadi bengkak, dan kadar kolesterol meningkat. Dan berikut beberapa gejala lain yang dapat muncul/terjadi, diantaranya :

  • Urine berbusa atau berbuih
  • Berat badan menurun tanpa sebab yang jelas
  • Lemas (merasa tidak sehat)
  • Pengecilan otot-otot tubuh
  • Sakit perut
  • Terasa pusing saat berdiri dari berbaring atau posisi duduk (hipotensi ortostatik).
  • Kehilangan nafsu makan

Apabila anda saat ini mengalami beberapa Gejala Ginjal Bocor tersebut, maka alangkah baiknya segera anda lakukan pemeriksaan, hal ini untuk memastikan kondisi apa yang terjadi pada tubuh anda. Dan Jika anda positif menderita ginjal bocor, maka sebaiknya segera lakukan pengobatan dengan tepat dan cepat, hal ini agar anda terhindar dari bahaya komplikasi ginjal bocor.

DEMIKIAN INFORMASI DARI KAMI MENGENAI BEBERAPA “GEJALA GINJAL BOCOR”. TERIMA KASIH TELAH MENGUNJUNGI WEBSITE RESMI KAMI (AZKA HERBAL), DAN JUGA TERIMA KASIH TELAH MENYIMAK ARTIKEL INI SAMPAI TUNTAS, SEMOGA INFORMASI DARI KAMI DAPAT BERGUNA DAN BERMANFAAT BAGI ANDA SEMUA YANG MEMBUTUHKAN.

Posted : Gejala Ginjal Bocor

Artikel Terkait :

Sponsored By

Gejala Ginjal Bocor

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*