Buah-Buahan Yang Baik Untuk Penderita Ginjal Bocor

Buah-Buahan Yang Baik Untuk Penderita Ginjal Bocor

Buah-Buahan Yang Baik Untuk Penderita Ginjal Bocor – Buah-buahan memang sangat lezat dan bergizi. Mengkonsumsi buah-buahan maka akan mendapatkan gizi dan menjaga kesehatan tubuh. Selain itu, buah juga dapat meningkatkan energi dan kebutuhan vitamin pada tubuh manusia.

Meski begitu, namun seseorang yang menderita penyakit, salah satunya menderita penyakit ginjal bocor, tidak semua jenis buah-buahan dapat dimakan atau baik dikonsumsi. Dengan ini, sehingga penderita ginjal bocor harus lebih selektif memilih buah-buahan yang akan dikonsumsi. Anda menderita ginjal bocor, dan ingin mencari tahu apa saja jenis Buah-Buahan Yang Baik Untuk Penderita Ginjal Bocor ?

Jika memang demikian, maka mari simak terus artikel ini sampai tuntas. Hal ini, karena pada postingan kali ini, kami akan memberikan informasi mengenai beberapa jenis Buah-Buahan Yang Baik Untuk Penderita Ginjal BocorNamun, sebelum memabahas atau memberikan informasi mengenai jenis buah-buahan tersebut, alangkah lebih baiknya kita membahas terlebih dahulu sekilas tentang ginjal bocor.

Apa Itu Ginjal Bocor ?

Buah-Buahan Yang Baik Untuk Penderita Ginjal Bocor

Ginjal merupakan salah satu organ tubuh manusia, yang berfungsi untuk menyaring darah, mengatur volume cairan pada darah, mengendalikan kadar gula dalam darah, dan mengatur kadar kalium. Ginjal bocor sendiri merupakan salah satu jenis penyakit ginjal yang membuat kerusakan pada sistem filter atau sistem penyaringan ginjal (nefron).

Kondisi kerusakan pada nefron (sistem penyaringan ginjal) tersebut menyebabkan tubuh manusia kehilangan terlalu banyak protein yang disebut albumin. Hal ini di dikarenakan protein akan banyak dikeluarkan ke dalam urine. Seseorang dengan ginjal yang sehat/normal, organ ginjal dapat mempertahankan protein.

Sedangkan seseorang dengan ginjal yang tidak sehat/tidak normal, organ ginjal tidak dapat mempertahankan protein. Dengan ini sehingga protein darah yang disebut albumin menjadi lolos atau keluar bersama urine. Hal inilah yang membuat tubuh penderita ginjal bocor kehilangan banyak protein. 

Sebenarnya di dalam dunia kedokteran tidak ada istilah ginjal bocor. Itilah ginjal bocor sendiri merupakan bahasa awam agar memudahkan dokter menggambarkan kondisi pada pasien yang didasari pada kenyataan bahwa adanya kerusakan pada sistem penyaringan ginjal (nefron).

Istilah medis ginjal bocor ialah sindrom nefrotik. Ginjal bocor atau dalam istilah medis yang disebut sindrom nefrotik ini jarang terjadi, namun kondisi penyakit ginjal bocor ini dapat terjadi pada siapa saja. Ginjal bocor disebabkan oleh rusaknya pembuluh darah kecil (glomeruli) di dalam ginjal.

Pembuluh darah kecil (glomeruli) di dalam ginjal tersebut yang menyaring kotoran dan kelebihan air dalam darah. Adanya kerusakan pada glomeruli tersebutlah yang menjadi penyebab terjadinya ginjal bocor. Glomeruli yang rusak membiarkan jumlah protein dalam darah keluar dari tubuh melalui urine.

Dengan begitu, sehingga protein yang seharusnya tersaring oleh ginjal, menjadi ikut keluar bersama urine. Protein melalui urine, kekurangan kadar albumin, tubuh bengkak, dan kadar kolesterol meningkat merupakan salah satu gejala utama ginjal bocor dan salah satu gejala yang paling sering terjadi.

Apakah anda termasuk salah satu orang yang menderita ginjal bocor ?, Jika memang demikian, maka selain melakukan pengobatan, kami sarankan anda juga harus menjaga pola makan sehat dan mengkonsumsi makananan yang bergizi, seperti buah-buahan.

Hal tersebut, karena melakukan pengobatan dengan dibarengi mengkonsumsi makanan yang sehat, seperti buah-buahan dapat mempercepat proses penyembuhan ginjal bocor. Meski begitu, namun anda juga harus selektif memilih buah yang akan dikonsumsi.

Hal tersebut, karena tidak bisa semua jenis buah-buahan baik jika dikonsumsi oleh penderita ginjal bocor, karena ada beberapa jenis buah yang dapat memperparah kondisi ginjal bocor dan ada beberapa jenis buah yang dapat sangat baik jika dikonsumsi oleh penderita ginjal bocor.

Apakah anda tahu apa saja jenis buah-buahan yang baik untuk dikonsumsi oleh penderita ginjal ?, Bagi anda yang belum tahu, maka kini anda tidak usah khawatir, karena seperti apa yang sudah kami sebutkan di awal, bahwa pada postingan kali ini, kami akan memberikan informasi mengenai beberapa jenis Buah-Buahan Yang Baik Untuk Penderita Ginjal Bocor.

Buah-Buahan Yang Baik Untuk Penderita Ginjal Bocor

Buah-Buahan Yang Baik Untuk Penderita Ginjal Bocor

Bagi anda yang saat ini menderita ginjal bocor, maka sangat penting sekali untuk mengatahui jenis buah yang baik dikonsumsi penderita ginjal bocor dan jenis buah yang tidak baik atau buruk dikonsumsi penderita ginjal bocor. Hal ini, agar dapat mempercepat proses penyembuhan ginjal bocor anda derita. Berikut beberapa jenis Buah-Buahan Yang Baik Untuk Penderita Ginjal Bocordiantaranya :

  • Buah Anggur Merah

Angur merupakan salah satu jenis buah yang baik jika dikonsumsi penderita ginjal bocor. Hal ini, karena anggur ini memiliki sifat sebagai detoksifikasi atau pembersih. Meski begitu, namun anggur ini mengandung banyak air, sehingga mengkonsumsi anggur harus dibatasi, jangan berlebihan.

  • Buah Apel

Buah apel sama seperti anggur, yang memiliki sifat detoksifikasi atau pembersih, sehingga buah apel ini dapat membantu keluarkan dan membersihkan ginjal. Dengan ini, sehingga buah apel salah satu jenis Buah-Buahan Yang Baik Untuk Penderita Ginjal Bocor

Meski begitu, namun kami sarankan, mengkonsumsi buah apel dengan jumlah setengah dari satu buah apel (jangan berlebihan), hal ini karena apel ini sama seperti anggur yang mengandung banyak air.

  • Buah Ceri

Buah ceri merupakan salah satu jenis buah-buahan yang dapat bertindak sebagai anti inflamasi dan antioksidan. Penderita ginjal bocor juga disarankan untuk tidak terlalu banyak mengkonsumsi protein, dan buah ceri tidak memiliki banyak protein, sehingga buah ceri ini sangat baik untuk dikonsumsi oleh penderita ginjal bocor, selain itu buah ceri dapat mengurangi kadar kalium dalam tubuh dan dapat menyehatkan ginjal.

  • Blueberry

Blueberry ini jenis Buah-Buahan Yang Baik Untuk Penderita Ginjal Bocorkarena blueberry ini memiliki kandungan fitnutrien yang merupakan antioksidan yang dinamakan anthocyanidins. Salah satu efek dari antioksidan ini ialah warna biru blueberry ini. Antioksidan yang ditemukan dalam blueberry ini cukup ampuh dalam menjaga kesehatan ginjal.

  • Stroberi

Stroberi juga merupakan salah satu jenis Buah-Buahan Yang Baik Untuk Penderita Ginjal Bocorkarena kandungan dua fenol, anthocyanin dan ellagitannins sangat penting untuk membentuk struktur tubuh. Selain itu, buah stroberi ini baik untuk sumber serat dan vitamin C yang penting untuk mencegah kerusakan oksidatif.

Anthocyananins,  merupakan salah satu fenol yang dapat menjadi antioksidan. Kedua fenol ini merupakan zat pembentuk warna merah pada stroberi dan menjadi hal yang sangat penting untuk mencegah kerusakan oksidasif.

  • Raspberry

Raspberry ini mengandung kandungan phytonutrient yang di kenal dengan asam ellagic dan raspberry juga mengandung banyak flavonoid yang merupakan anthocyanin yang menyebabkan buah ini menjadi warna merah. Selain itu, raspberry juga mengandung vitamin C, vitamin B, serat, dan folat.

Kandungan yang terdapat pada raspberry ini dapat membantu menyehatkan ginjal yang rusak dengan menetralkan radikal bebas untuk mencegah kerusakan sel. Selai itu, raspebery juga ampuh membunuh sel kanker.

Itulah beberapa jenis Buah-Buahan Yang Baik Untuk Penderita Ginjal BocorSilahkan anda mencoba mengkonsumsi salah satu dari jenis Buah-Buahan Yang Baik Untuk Penderita Ginjal Bocor tersebut, namun tetap mengkonsumsi secukupnya, jangan mengkonsumsi secara berlebihan, karena segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik.

DEMIKIAN INFORMASI DARI KAMI, TERIMA KASIH TELAH MENGUNJUNGI WEBSITE KAMI INI, DAN JUGA TERIMA KASIH TELAH MENYIMAK ARTIKEL INI SAMPAI TUNTAS. SEMOGA INFORMASI DARI KAMI DAPAT BERMANFAAT BAGI ANDA SEMUA YANG MEMBUTUHKAN.

 

Posted : Buah-Buahan Yang Baik Untuk Penderita Ginjal Bocor

Artikel Terkait :

 

Sponsor By

Buah-Buahan Yang Baik Untuk Penderita Ginjal Bocor

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*